About these ads

Cara Memberikan Obat Oral Pada Kucing

Friday, May 1st 2015. | Obat - Obatan, Tips Seputarkucing

Cara Memberikan Obat Oral Pada KucingHello sobat Seputar Kucing, kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Cara Memberikan Obat Oral Pada Kucing. Mungkin sobat catlovers disini ada yang pernah memberikan obat maupun vitamin berbentuk tablet / kapsul langsung ke mulut kucing kesayangan kita dan yang perlu sobat ketahui bahwa tidak semua kucing nurut kepada kita jika diberikan obat, ada kucing yang berontak, mencakar, menggigit. OK langsung saja simak penjelasannya dibawah ini :

alat untuk memasukan obat pada kucingMETODE 1 :

1. Siapkan obatnya, Anda harus mengatur dan tempatkan obatnya di atas tissue atau di permukaan di dekat Anda, sehingga Anda bisa mengambilnya secepat mungkin saat mulut kucing terbuka.
– Pendorong obat adalah seperti suntikan pil. Ujung karetnya menahan pil dan peluncurnya mendorong pil keluar pada saat diperlukan.

– Suntikan penuh air bisa memastikan kucing Anda benar-benar menelan obatnya.

2. Angkat kucing dan tahan dengan satu tangan melingkari badannya, sementara gunakan satu tangan yang lain untuk membuka mulut kucing. Menempatkan kucing di atas handuk atau selimut di atas permukaan tinggi (seperti meja rias atau meja dapur) bisa lebih memudahkan.

3. Membuka mulut kucing.

Gunakan jempol dan jari manis Anda, dan tekan sudut mulut kucing. Gunakan jari tengah dan jari terlunjuk untuk mengangkat hidung kucing, jangan tutup hidungnya dengan jari Anda. Jari-jari Anda harus di salah satu sisi hidung.

4. Masukkan obat ke dalam mulut kucing, dan lanjutkan dengan sedikit air apabila bisa menolongnya untuk menelan.
Apabila memberi kucing pil, cepat masukkan pil ke dalam mulutnya. JANGAN semprotkan larutan obat ke dalam tenggorokan atau lidah kucing. Cairan bisa masuk ke saluran pernapasannya, membuat kucing tersedak. Untuk obat tetes, masukkan penetes obat antara pipi dan gigi kucing.
5. Belai leher kucing atau tiup keras hidungnya untuk mendorong kucing menelan obatnya.
Lanjutkan dengan memberi kucing makanan. Ini akan mendorongnya menelan dan membuat prosesnya menjadi tidak terlalu sulit.
1. Gunakan obat gel kental dari tube (seperti pencegahan hairball/bola bulu) salah satu atau kombinasi metode di bawah ini:
– Keluarkan dosis yang diperlukan ke jari anda, dan masukkan jari Anda ke mulut kucing. Kucing akan menjilatnya dengan mudah.
– Apabila kucing menolak, atau menyisakan obat di jari Anda, gesekkan saja jari dan gelnya ke telapak kaki kucing atau di luar mulutnya. Kucing akan menjilat telapak dan mulutnya, dan menelan gelnya.

2. Untuk memberi kucing Anda pil, hancurkan pil, campur dengan krim keju. Oleskan campurannya ke kaki depan kucing. Dia akan langsung menjilatnya dan tentunya menelan obatnya dalam waktu yang sama.

3. Kantong pil sangat baik untuk membuat kucing menelan pil tanpa menyadarinya.

TIPS :

– Untuk membuat kucing tidak bisa bergerak saat akan diberikan obat: Lebarkan handuk, taruh kucing di tengah handuk dan bungkus kucing seperti bedong bayi; tinggalkan kepalanya keluar.

– Apabila diperlukan obat bisa dicampur untuk diserap melalui kulit. Bisa di letakkan di bagian dalam telinganya. Pastikan Anda mengenakan sarung tangan agar obat tidak masuk ke tubuh Anda.

– Kucing memiliki celah di belakang giginya. Dengan penetes obat Anda bisa arahkan ujung penetes ke dalam celah untuk langsung membuka mulutnya dan cepat memasukkan obat.

– Ketika kucing panik, mereka cenderung mundur. Gunakan kebiasaan ini dengan berlutut di lantai dengan kucing di antar kedua lutut Anda, menghadap ke depan menjauh dari Anda. Dengan melakukan hal ini akan lebih mudah membuka mulut kucing atau meneteskan obat ke mata dan kupingnya.

– Ketika memberikan kucing tablet, akan lebih mudah untuk melapisi tablet dengan mentega. Hal ini akan mencegah pil tertahan di tenggorokan. Juga akan mendorong kucing menelan tablet dan membantu menutup rasa obat yang tidak sedap.

– Apabila Anda perlu memasukkan obat melalui bukaan lain, pastikan kucingnya diam sampai Anda yakin obatnya tidak keluar lagi.

– Apabila kucing kabur terus sebelum Anda bisa memberinya obat (atau membungkusnya dengan handuk seperti metode di atas), arahkan kucing ke dalam ruangan yang lebih kecil dengan tanpa tempat bersembunyi, seperti walk in closet atau kamar mandi, dan tutup pintunya. Memberi obat akan lebih cepat kalau Anda tidak harus mencari ke seluruh penjuru rumah mencari kucing yang kabur terus ketika Anda dekati.

– Arahkah dengan cepat dan pasti memasukkan pil atau penetes ke dalam mulut sebelum kucing stres atau berontak. Karenanya siapkan obat sebelum Anda mengangkat kucing itu.

– Apabila memberikan obat cari, untuk menjaga obat tumpah ke bulu kucing, buat lubang di sudut tissue dan masukkan kepala kucing, gunakan seperti serbet makan.

– Apabila kucing Anda suka keju. Hancurkan pil atau obat apa saja, tambahkan keju, selesai. Cara ini sangat berhasil pada anjing! Beberapa obat tidak boleh dihancurkan apabila dihancurkan akan kurang bermanfaat, jadi tanya dulu dokter hewan Anda. Binatang tidak bisa mencium obat di dalam keju ATAU mereka sangat suka keju sehingga tidak peduli ada obat di dalamnya. Gunakan keju secukupnya untuk memasukkan obat ke dalamnya.

Demikian informasi mengenai Cara Memberikan Obat Oral Pada KucingSemoga informasi kami dapat bermanfaat bagi sobat Seputar Kucing, untuk menambah informasi mengenai seputar kucing tidak ada salahnya sobat juga membacanya tentang Obat Untuk Flu Dan Pilek Pada Kucing : Flucat  yang sebelumnya admin update. atau yang belum baca tentang review pakan kucing lainnya bisa membacanya DISINI.

Jika postingan ini bermanfaat bagi anda silahkan berikan KOMENTAR. LIKE dan SHARE supaya dapat bermanfaat juga bagi orang lain. Terimakasih.

Temukan kami di :

– Fans Page : Seputar Kucing

Bantu Share Ya 🙂
About these ads
tags: , , , ,

Related For Cara Memberikan Obat Oral Pada Kucing