About these ads

Perhatikan Cara Merawat Kucing Sebelum Mengadopsinya

Friday, September 19th 2014. | Tips Seputarkucing, Untuk Pemula

Perhatikan Cara Merawat Kucing Sebelum Mengadopsinya – Hello sahabat Seputar Kucing, ini untuk kalian yang belum punya kucing dan ingin mengadopsi kucing, berikut adalah caranya :

adopsi kucingJika dari awal kita tidak mempunyai kucing. Maka kita bisa memelihara kucing dengan cara mengadopsi kucing itu sendiri. Nah lalu bagaimana kita bisa mendapatkan kucing yang ingin kita adopsi itu. Mencuri dari orang lain? Ya tentu tidak! Sekarang sudah banyak kok orang yang menjual kucing, lihat saja betapa banyaknya orang yang membuat iklan di media massa berjudul dijual kucing persia, sedia kucing persia dsb. Tapi apakah semua itu bisa dipercaya tentu tidak. Jika tidak hati-hati anda bisa jadi korban kasus penipuan. Belilah saja di tempat yang terpercaya untuk jual beli kucing persia. Jika anda ingin membeli kucing persia secara online silahkan kunjunngi tempat jual kucing persia ini (klik linknya). Menurut aku kucingnya bagus-bagus dan selama pengalaman membeli tidak pernah terjadi masalah. Ok! setelah anda menemukan tempat terpercaya dalam menjual kucing. Apalagi yang harus diperhatikan. 3 hal utama yaitu kesehatan kucing, menarik tidaknya bulu, dan jika ingin mengembangbiakkan lihat sertifikat kucing tersebut. Tapi ingat pertimbangan tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Anda juga harus mengira-ngira kemampuan anda dalam merawat kucing kelak. Karena untuk merawat kucing dibutuhkan uang yang lumayan. Dan jangan lupa setelah nanti anda mengadopsi maka kesehatan kucing 100% menjadi tanggung jawab anda. Jika ingin mengembangbiakkan pilih juga sesuai umur pengembangbiakkan kucing. Nah setelah mempunyai kucing untuk didopsi jangan lupa untuk poin utama dalam merawat kucing yaitu kesabaran ūüôā .

Berikut pemaparan drh. Yosep tentang cara merawat kucing kesayangan agar tetap sehat dan lincah.

1. Makanan Kucing

Kucing merupakan hewan karnivora asli. Untuk itu, berilah kucing makanan yang berasal dari daging, seperti daging ikan yang direbus. Sebab, makanan yang berasal dari tumbuhan tidak akan dapat dicerna dengan baik. Kucing yang diberi makanan dari tumbuhan seperti nasi ataupun sayuran, biasanya kotoran yang dihasilkan akan lebih berbau dibandingkan kucing yang hanya memakan makanan dari daging. Untuk jenis makanan kering, biasanya bisa tahan 24 jam. Sementara itu, untuk makanan basah hanya dapat bertahan selama 2 jam. Hal yang perlu diperhatikan dalam memberi makanan kucing adalah kandungan gizi harus seimbang, serta untuk makanan berupa daging harus dimasak terlebih dahulu.

2. Area Bermain

Kucing merupakan hewan yang suka bermain. Ia membutuhkan area bermain yang cukup luas untuk melatih otot-otot dan alat geraknya. Membiasakan kucing berdiam dalam kurungan akan berdampak pada rusaknya alat gerak dan otot-otot kucing. Untuk itu, biarkan mereka bebas bermain di area terbuka dan mengikuti naluri ‚Äėberpetualang‚Äô dan berburu mereka.

3. Kesehatan

Kucing peliharaan mesti diberi vaksinasi untuk menghindarkannya dari ancaman berbagai virus dan penyakit. Pada usia 2 bulan, kucing sudah boleh divaksinasi. Sekali dalam setahun kucing juga perlu diberikan suntik rabies, serta minum obat cacing tiga bulan sekali. Sesekali juga perlu dilakukan cek kesehatan ke klinik hewan, untuk memastikan kucing peliharaan tidak terserang penyakit baik yang disebabkan parasit, cacingan, maupun virus dan bakteri.

4. Kebersihan

Kebersihan kucing peliharaan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Dua minggu sekali, kucing perlu dimandikan untuk mencegah parasit seperti kutu tumbuh di tubuhnya. Untuk kucing ras dengan bulu lebat dan panjang, sebanyak dua kali sehari bulu mereka perlu disisir agar tidak kusut. Perlu juga diperhatikan, tambah drh. Yosep, kebersihan si pemilik kucing sendiri. Setelah membelai dan memanjakan si kucing, dianjurkan mencuci tangan dengan sabun. ‚ÄúMenjaga kebersihan diri sendiri dan kucing kesayangan, keduanya penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran,‚ÄĚ ujarnya. ( sumber dr, :¬†padangmedia.com )

Kucing adalah salah satu binatang peliharaan yang menggemaskan. Jika Anda sebelumnya belum pernah punya kucing dan baru pertama kali memeliharanya, simak tips perawatannya seperti yang dilansir dari Care2 berikut ini.

1. Kucing memang termasuk binatang yang mandiri. Namun mereka juga butuh perawatan, seperti mandi, potong kuku, dan yang lain. Kalau Anda sibuk, usahakan untuk menyempatkan diri merawat kucing. Terlebih ada juga kucing yang tidak suka jika sering ditinggal sendirian di rumah. Lakukan pengamatan untuk memilih kucing yang tepat sesuai gaya hidup Anda.

2. Jika takut kucing kesepian, sebaiknya Anda memelihara dua sekaligus. Namun tentu saja akan ada lebih banyak biaya yang dikeluarkan untuk membeli dan merawat mereka.

3. Apakah Anda punya alergi? Jika iya, pastikan apakah Anda juga termasuk alergi terhadap bulu kucing. Sebab percuma Anda memelihara kucing jika ternyata Anda alergi pada mereka.

4. Jangan lupa untuk melakukan vaksin pada kucing. Konsultasikan jadwal vaksin dan pengobatan lain jika diperlukan kepada dokter hewan. Kesehatan kucing sangat penting bagi dirinya sendiri dan juga Anda.

5. Siapkan bak pasir beserta isinya untuk kucing agar buang air di sana. Selain itu, pilih jenis makanan kucing yang tepat sesuai kebutuhan dan usia.

6. Kucing suka bermain. Anda bisa menyiapkan tali, bulu, mainan tikus, atau bahkan kotak kardus kosong agar mereka bisa bermain dengan benda-benda itu. Tidak perlu susah payah membelikan mainan mahal untuk kucing. Anda hanya perlu kreatif menciptakan sesuatu yang bisa dimainkan kucing.

7. Kucing juga suka mencakar furnitur di rumah. Selain harus rajin memotong kuku, Anda sebaiknya melindungi furnitur di rumah agar tidak rusak akibat dicakar kucing.

8. Jangan malas memandikan kucing setiap satu atau dua minggu sekali. Sebaiknya potong kuku mereka sebelum dimandikan agar tangan Anda tidak kesakitan karena dicakar saat kucing meronta. Jika tidak sempat, Anda bisa menggunakan jasa memandikan kucing (grooming).

BELAJAR TRADING FOREX GRATIS

Sumber : Archives Grup CatLovers Cilacap

Demikian informasi mengenai Perhatikan Cara Merawat Kucing Sebelum Mengadopsinya. Semoga informasi kami dapat bermanfaat bagi sobat Seputar Kucing, untuk menambah informasi mengenai seputar kucing tidak ada salahnya sobat juga membacanya tentang Panduan Mengganti Makanan Kucing Yang Tidak Cocok yang sebelumnya admin update. atau yang belum baca tentang pembahasan Artikel Seputar Kucing lainnya bisa membacanya DISINI.

Jika postingan ini bermanfaat bagi anda silahkan berikan KOMENTAR. LIKE dan SHARE supaya dapat bermanfaat juga bagi oranglain. Terimakasih.

Temukan kami di :

РFans Page : Seputar Kucing

Bantu Share Ya ūüôā
About these ads
tags: , , ,

Related For Perhatikan Cara Merawat Kucing Sebelum Mengadopsinya